Kasat Lantas Polres Konut Tindak Tegas bagi Pengendara Motor yang Tidak Menggunakan Helm

Avatar photo

KONUT – Kasat Lantas Polres Konawe Utara (Konut) akan menindak tegas bagi pengendara bermotor yang tidak menggunakan helm. Hal itu disampaikan Kasat Lantas Polres Konut IPTU Muchsin, S.Si ke media ini. Senin (5/7/2021).

Menurut IPTU Muchsin, S.Si sudah kurang lebih satu tahun memberikan teguran dan himbauan kepada para pengendara bermotor khususnya masyarakat Konut tapi tidak ada hasil dan tidak ditanggapi.

“Untuk itu kami akan menindak tegas pengendara bermotor yang tidak menggunakan helm dengan menindak secara fisik dan secara administrasi sesuai dengan UU yang berlaku,” kata Muchsin.

“Bagi pengendara bermotor yang menggunakan helm sandar nasional maka dikenakan pasal 291 ayat 1 JO dan pasal 106 ayat 8 dengan denda 250 ribu rupiah,” sambungnya.

Baca Juga:  Diduga Jadi Makelar Kasus, Pegawai Bank Sulutgo Rolandy Thalib Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Sementara masih Muchsin bagi pengendara yang membiarkan penumpangnya tidak menggunakan helm maka dikenakan pasal 291 ayat 2 JO dan pasal 106 ayat 9 dengan denda maksimal 250 ribu rupiah.

“Kami sengaja berikan sanksi fisik bagi pengendara dan penumpangnya agar taat peraturan lalu lintas. Selain itu, ini juga demi keselamatan mereka,” tandasnya.

Laniut Muchsin, ini baru penertiban wajib pakai helm. Nanti setelah pengendara dan penumpangnya memahami tata cara menggunakan kendaraan bermotor, maka kami akan tindak lagi bagi yang tidak dilengkapi surat-surat kendaraan.

“Berikutnya kami akan berikan tindakan tegas bagi pengendara yang tidak dilengakapi surat-surat kendaraan, seperti Surta Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK),” tegas Muchsin.

Penulis: Abd Haris GoseEditor: Hasan Basri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!