Pengurus TP-PKK Konsel Periode 2021-2026 Resmi Dikukuhkan

KONSEL – Bupati Konawe Selatan (Konsel) H. Surunuddin Dangga, ST.,MM didampingi Wakil Bupati Rasyid, S.Sos.,M.Si mengukuhkan pengurus Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Konsel Periode 2021 – 2026. Jum’at (2/7/2021).

Didapuk sebagai Ketua untuk masa bakti 5 (lima) tahun kedepan, yakni Hj. Nurlin Surunuddin, SH dengan Wakil Ketua I Suharni Rasyid, S.Pi.,M.Si dan Wakil Ketua II Hj. Ariyati Sjarif, SKM.

Pengangkatan dan Pengukuhan Pengurus PKK Konsel di Pendopo Rujab Bupati tersebut berdasarkan Keputusan Bupati Nomor : 474/262 Tahun 2021.

Kegiatan pengukuhan penting dilaksanakan karena peran dan keberadaan PKK diperlukan dalam keluarga, masyarakat serta memberi makna dan arti dalam pemerintahan bagi pembangunan keluarga, daerah dan negara.

Baca Juga:  Pj Bupati Koltim Kukuhkan TPAKD Kabupaten Kolaka Timur

Ini tercermin dalam hasil Rakernas IX PKK yang sejalan dengan program pemerintah secara nasional diantaranya pada bidang pembinaan karakter keluarga, pendidikan dan peningkatan ekonomi, penguatan ketahanan serta bidang kesehatan dan lingkungan.

Hal itu disampaikan Bupati Surunuddin saat memberikan sambutan di hadapan Ketua dan Pengurus PKK yang barusan dilantik. Yang juga di hadiri Sekretaris Kabupaten Ir. Drs. H. Sjarif Sajang, M.Si dan Kepala Kemenag Konsel Drs. H. Joko, M.Pd.

Program dimaksud artinya, lanjut Ia, dijalankan PKK bukan asal-asalan namun mengikuti arah tujuan pembangunan daerah dan nasional. Bahkan tertuang dalam RPJMD dan terkoneksi dengan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

Olehnya itu, terang Bupati Surunuddin, pelaksanaan kegiatan PKK musti bersentuhan dengan program kerja OPD, sehingga dapat menjadi harapan Pemerintah untuk mewujudkan PKK sebagai “Gerakan Nasional Keluarga Pelopor Perubahan”.

Baca Juga:  Bersama Wabup, Bupati Konsel Lakukan Vaksin Booster

Pelibatan PKK dalam pemerintahan juga diatur dalam Perpres Nomor 99 Tahun 2017 dan Permendagri Nomor 36 Tahun 2020 tentang pemberdayaan kesejahteraan keluarga.

“Untuk mencapai keberhasilan program PKK, pengurus harus memiliki inovasi dan menghindari ego sektoral serta bersinergi dan berkolaborasi dengan OPD dan TNI – Polri. Demi membangun manusia agar mampu mewujudkan kemandirian sejalan dengan program kami terpusat di perdesaan berbasis digital,” pungkas mantan Ketua DPRD Konsel ini.

Sementara Ketua PKK yang baru dilantik, Hj. Nurlin Surunuddin dikesempatan itu mengatakan, dirinya bersama pengurus berkomitmen mengemban amanah dengan melaksanakan tugas dan kewajiban sebaik-baiknya, serta meningkatkan peran serta PKK dalam mensukseskan pembangunan.

Mendukung upaya pelaksanaan program pokok PKK. Untuk itu anggota DPRD Provinsi Sultra aktif ini meminta perhatian penuh dan kontribusi semua elemen termasuk OPD Pemda Konsel, sehingga PKK makin kuat dan kegiatannya dapat terlaksana dengan baik.

Baca Juga:  Penjabat Bupati Kolaka Timur Hadiri dan Serahkan DPA-OPD Tahun Anggaran 2022

Usai pelantikan, kegiatan ditutup dengan menampilkan Juara I Lomba Yel-Yel PKK tingkat Kecamatan se- Konawe Selatan, yang di bawakan oleh pengurus PKK Kecamatan Tinanggea dengan iringan petikan alat musik gitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *