Akibat Curah Hujan yang Tinggi, Sejumlah Rumah Warga di Desa Amasara Terendam Air

Avatar photo

KONSEL – Akibat curah hujan tinggi yang melanda hampir seluruh wilayah Sulawesi Tenggara mengakibatkan sebagian rumah warga dilanda banjir. Salah satu desa yang mengalami banjir akibat curah hujan yang tinggi yakni Desa Amasara, Kecamatan Baito, Kabupaten Konawe Selatan. Selasa (29/6/2021).

Dari pantauan media ini, sejumlah rumah warga di Desa Amasara terendam air dengan ketinggian mencapai sekitar 50 cm.

Jasmin. B salah satu warga Desa Amasara mengatakan bahwa air meluap dari irigasi yang berada di samping rumah.

“Akibat curah yang tinggi mengakibatkan air irigasi meluap. Kapasitas irigasi yang berada di samping rumah saya tidak bisa menampung debit air yang di akibatkan oleh curah yang tinggi,” ucapnya.

Baca Juga:  IKMPB Tuntut Kontribus Penggunaan Jalan Lintas Konsel, PT. Merbau Sepakat

Untuk itu berharap kepada pihak Pemerintah Daerah (Pemda) agar irigasi tersebut direlokasi ulang.

“Saya berharap kepada Pemda agar irigasi yang melintas di samping rumah saya bisa direlokasi ulang. Karena kalau tidak, maka kita akan terdampak banjir bila curah hujan tinggi seperti akhir-akhir ini,” harap Jasmin.

Selain itu ia juga berharap agar Dinas Sosial Konsel segera turun ke lokasi untuk mengecek warga yang terdampak banjir, sekaligus mengambil langkah-langkah yang bisa membantu warga.

Terkait irigasi tersebut Kepala Desa Amasara Herwan Malengga, SIP. MPWK mengatakan bahwa irigasi tersebut berada di jalan poros kabupaten.

“Bukannya kami tidak mau merelokasi irigasi tersebut. Kita harus mengacu di Petunjuk Teknis (Juknis) penggunaan anggaran Dana Desa (DD). Di mana anggaran DD salah satunya hanya diperuntukkan untuk jalan desa, bukan untuk jalan poros kabupaten. Sementara irigasi tersebut berada di jalan poros kabupaten,” pungkasnya.

Penulis: Derlin PorendeEditor: Hasan Basri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!