Pemdes Cialam Jaya Genjot Pembangunan Obyek Wisata

KONSEL – Pemerintah Desa Cialam Jaya realisasikan Dana Desa untuk membangun obyek wisata. Hal itu disampaikan oleh Rustam Sulaiman, S.E Kepala Desa Cialam Jaya saat ditemui di kediamannya di Desa Cialam Jaya, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara. Kamis (27/05/2021).

Menurut Rustam, untuk anggaran Dana Desa yang berjumlah sekitar Rp. 895 juta itu sebagian dialokasikan untuk penanganan Covid-19. Sementara untuk kegiatan fisik lebih diutamakan untuk membangun obyek wisata.

“Karena kalau obyek wisata yang kami bangun itu bisa menghasilkan uang nantinya. Jadi anggaran itu bisa bergulir karena dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa),” kata Rustam.

“Sementara kalau pembangunan drainase atau plat duiker saya tidak terlalu proritaskan dulu walupun itu penting. Karena disini kita harus berpikir bagaimana memanfaatkan Dana Desa ini agar betul-betul bermanfaat dalam jangka panjang dan anggaran itu bisa bergulir, dan bisa dipakai lagi untuk membangun yang lain, karena hasilnya nanti masuk dalam Pedapatan Asli Daerah (PAD),” sambungnya.

Baca Juga:  Ketua DPD RI Desak Jabatan Wakil Wali Kota Padang Segera Diisi

Jadi orientasinya itu.masih Rustam, akan dibangun kolam renang dibelakang pasar dengan luas 14×35 dengan anggaran sekitar Rp. 360 juta.

“Mudah-mudahan dengan adanya kolam renang dibelakang pasar nanti bisa lebih menghidupkan pasar itu, yang tadinya cuma 2 (dua) kali dalam seminggu bisa saja menjadi tiap hari bahkan bisa 2×24 jam, karena kendaraan sudah ramai,” tambahnya.

Selain kolan renang dibelakang pasar lanjut Rustam ada juga Bukit Kembang Desa Cialam Jaya, tapi itu dikelola secara swadaya. Namun sekarang ini masih dilakukan penjajakan terkait investor.

“Di Bukit Kembang itu kami masih menjajaki beberapa investor untuk tanam modal. Jadi mekanismenya nanti kami bagi hasil, mulai dari pemilik lahan, Pemerintah Desa dan investornya. Karena rencana akan dibuat juga kolam renag diatas gunung,” imbuhnya.

Baca Juga:  Kunker ke Konut, Pangdam Hasanuddin Disambut oleh Bupati Dr. H. Ruksamin

Ia juga menambahkan bahwa, di Desa Cialam Jaya ini sudah ada masuk wisata kalifornia, di mana investornya membuka lokasi di Desa Cialam ini. Dengan begitu secara tidak langsung wisata kalifornia ini membantu kita mengopinikan Desa Cialam Jaya ini sebagai desa wisata.

Lebih lanjut Rustam juga menyampaikan bahwa tahun ini Desa Cialam Jaya dapat bantun dari Kementerian.

“Alhamdulillah tahun ini Desa Cialam Jaya dapat bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) melalui Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah berupa pembangunan jalan usaha tani sepanjang 750 meter dan 7 (tujuh) unit duiker dengan anggaran sebanyak Rp. 600 juta,” ungkapnya bersyukur.

Selain bantuan dari Kementerian, tambahnya ada juga bantuan dari Kementerian Nakertrans sebanyak Rp. 360 juta, bantuan tersebut di proritaskan untuk kelompok guru ngaji. Jadi tiap kelompok itu mendapatkan Rp. 40 juta. Dan ada juga Pansimas.

Baca Juga:  Pasca Terbakar, Sekda Kota Kendari: Pelayanan Kantor Dinas Sosial Tetap Berjalan

Ia juga menjelaskan bahwa tahun ini akan diusahakan untuk pengaspalan jalan.

“Tahun ini kami kejar untuk pengaspalan jalan, kami sudah dapat linknya, begitupun dengan proposal semuanya sudah lengkap. Tinggal cari waktu yang tepat untuk berangkat mengurus semua itu,” tandasnya.

“Saya berharap setelah obyek wisata ini selesai dan sudah bisa digunakan, ada perubahan pekerjaan dan usaha yang dimiliki warga. Artinya pendapatan warga bisa bertambah dengan malakukan aktivitas jual beli di sekitar obyek wisata tersebut,” harap Rustam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *