Shalat Ied Bersama Keluarga dan Jajaran Pemkab, Surunuddin Himbau Tuntaskan Program Kerja Pemerintah

Avatar photo

KONSEL – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) menggelar Shalat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H/2021 M dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat. Kamis (13/5/2021).

Hal ini diberlakukan lantaran seluruh  nusantara tak terkecuali di bumi Konawe Selatan sedang dilanda pandemi virus Covid -19, tentunya bagian dari langkah pencegahan penularannya.

Seluruh jamaah sebelum masuk diarea shalat dilakukan pengukuran suhu tubuh serta diwajibkan memakai masker dan mencuci tangan yang telah disediakan panitia.

Shalat Ied yang dipusatkan di Halaman Upacara Kantor Bupati Konsel di Andoolo ini di hadiri Bupati H. Surunuddin Dangga, S.T.,M.M dan Wakil Bupati Rasyid, S.Sos.,M.Si, Sekda Ir. Drs. H. Sjarif Sajang M.Si, Ketua DPRD Irham Kalenggo, S.Sos M.Si, unsur Forkopimda dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemda setempat.

Juga di hadiri Ketua TP PKK Hj Nurlin Surunuddin, Wakil Ketua PKK Suharni Rasyid, Anggota DPRD Provinsi Sultra Aksan Jaya Putra (AJP) dan keluarga besar Bupati dan Wabup serta masyarakat sekitar.

Baca Juga:  Gelar Aksi Demo, Massa dari Aliansi Pemerhati Kesehatan Tuntut Direktur Rumah Sakit Konawe Turun dari Jabatannya

Bertindak sebagai Khatib Kepala Kemenag Konsel Drs. H. Joko M.Pd dan Imam Shalat Kabag Kesra Hamlin S Ode Maka, S.Pd.,S.Si

Bupati Surunuddin dalam sambutannya dihadapan jamaah yang duduk dengan pengaturan jarak barisan ini mengatakan puji syukurnya karena seluruh masyarakat Konsel bisa menunaikan ibadah shalat Ied dalam keadaan sehat dan lancar meskipun ditengah menerpanya pandemi virus covid-19.

“Patut kita semua bersyukur atas nikmat Allah SWT yang diberikan kepada kita hari ini, karena masih bisa menjalankan ibadah lebaran dalam suasana pandemi. Mari tetap terapkan prokes ketat sembari berdoa semoga wabah segera berlalu,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan bahwa di Hari Raya Idul Fitri sejatinya menjadikan momentum untuk menyempurnakan hubungan vertikal dengan Allah dan secara horizontal membangun hubungan sosial yang baik dengan sesama.

Baca Juga:  Sekda Kota Kendari Hadiri Rakor Pembentukan TPKJM yang Digelar oleh Dinkes Kota Kendari

Selanjutnya dihari kemenangan ini, atas nama pribadi, keluarga dan jajaran Pemerintah Kabupaten Konsel, bupati petahana menyampaikan selamat menjalankan hari raya Idul Fitri kepada seluruh masyarakat.

“Selamat hari raya Idul Fitri 1442 H mohon maaf lahir bathin. Ayo bersama  serentak bergerak mendukung program pemerintah dengan menuntaskan Desa Maju Konsel Hebat Jilid II menuju Konsel Amanah, Religius, Sehat dan Sejahtera,” pungkas mantan Ketua DPRD Konsel ini.

Sedangkan dalam khotbahnya, Khatib Kepala Kemenag Joko mengajak masyarakat di suasana lebaran agar mewujudkan syukurnya untuk menciptakan kerukunan dengan bergandengan tangan, bahu membahu dalam mewujudkan Konsel yang damai ditengah keberagaman ras, agama, suku dan budaya.

Dikatakannya juga bahwa ditengah era informasi, dalam bermedia sosial agar menghindari ujaran kebencian, fitnah, ghibah, naminah dan  mengkonsumsi informasi hoax dengan bagaimana menyikapi setiap berita melalui tabayun atau mengklarifikasinya terlebih dahulu sebelum disebar.

Baca Juga:  Pemdes Eelahaji Realisasikan DD Tahun Anggaran 2021

“Ini juga sesuai fatwa MUI No 24 Tahun 2017 tentang hukum dan pedoman bermuamalah melalui media sosial diharamkan umat islam membicarakan keburukan atau aib orang lain dan penyebaran permusuhan dengan menyaring setiap informasi yang mengalir di medsos,” sambungnya.

Didunia digital kini kita harus mampu menggunakan kemudahan untuk tidak melakukan kejahatan dengan lisan dan jari kita.

“Ingatlah dan senantiasa berhati-hatilah, karena jejak digital akan selalu ditinggalkan di dunia maya dan bisa dikembalikan dimana dan kapan saja, berbekal inilah mari kuatkan kehidupan dengan menjaga persaudaraan dimulai pada lingkup keluarga, tetangga, lingkungan hingga bernegara,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!