Ekobis  

Kemenag Baubau Tanda Tangan Kerja Sama dengan IAIN Kendari

Avatar photo

BAUBAU – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Baubau dan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari tandatangan kerja sama terkait penerapan dan pengembangan pengetahuan Mahasiswa. Penandatangan tersebut bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara. Senin (29/03/2021).

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan langsung oleh Dekan FUAD IAIN Kendari Dr. Nurdin, S.Ag.,M.Pd dan Kepala Kantor Kemeterian Agama Kota Baubau H. Rahman Ngkaali, S.Ag.,M.Pd yang disaksikan Ketua Baznas Kota Baubau, Muhadi Ilimi, Plt, Kasubbag TU, Khairiyati Rahmah, S.HI., M.HI, dan Kasi Bimas Islam Kan Kemenag Baubau, H. Sanudin S.Ag., M.A bersama para Kepala KUA Kecamatan se-Kota Baubau, Penyuluh Agama Islam dan Pengelola Gerobak Bakso Halal serta rombongan tenaga pengajar FUAD IAIN Kendari.

Kepala Kantor Kemeterian Agama Kota Baubau H. Rahman Ngkaali, S.Ag.,M.Pd menjelaskan bahwa ruang lingkup kerja sama yang tertuang dalam perjanjian yakni masing-masing pihak jika diperlukan berhak memberi bantuan Tridarma perguruan tinggi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) serta tenaga pengajar.

Baca Juga:  ASN Konsel Bakal Dapat Jatah Beras Premium dari Bulog dengan Harga Lebih Murah

“Jadi jika diperlukan, para pihak berhak melakukan penelitian bersama baik di Sulawesi Tenggara maupun di seluruh Indonesia,” jelasnya

“Intinya kami berkewajiban akan saling membantu sepanjang tidak mengganggu pelaksanaan fungsi kelembagaan masing-masing,” kata pria yang diketahui juga sebagai ketua Badan Wakaf Indonesia Kota Baubau.

“FUAD IAIN Kendari tertarik dengan kegiatan Gerobak Bakso Halal (GBH) yang sudah kita launching di awal tahun 2018 lalu. Launching GBH saat itu, kita bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Baubau, karena itu kita hadirkan BAZNAS Kota Baubau pada kegiatan hari ini,” ucap Mantan Kasubbag Hukum dan Kerukunan Umat beragama Kanwil Kemenag Sultra.

Sementara itu Dekan FUAD IAIN Kendari Dr. Nurdin, S.Ag.,M.Pd mengungkapkan alasannya memilih kerja sama dengan Kementerian Agama Kota Baubau.

Baca Juga:  DP3A Gelar Pelatihan Peningkatan Usaha Mikro bagi Pengurus PKK Kota Kendari

Menurutnya, Kemenag Baubau sudah melakukan terobosan terbaru terkait dengan pemanfaatan Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS) lewat Gerobak Bakso Halal (GBH) yang diberikan pada Mustahik.

“Selain itu, lembaga kami meriset terkait ini dengan tujuan untuk memberikan edukasi pengembangan seperti apa. Dan kenapa di Kemenag Baubau bisa, kenapa kita tidak melakukan hal yang sama agar kita bisa menjual pada yang lain. Supaya orang tahu kalau inilah hasil dari Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) kita,” tambahnya.

“Kami juga memiliki program studi manajemen dakwah dan itu konsentrasinya ada di ZIS, maka ini akan menjadi studi banding terkait riset pengembangan pemanfataan ZIS untuk dikembangkan,” terangnya.

Diketahui, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Kendari menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis pengembangan program studi. Kolaborasi dengan Kemenag Baubau mengusung tema ‘Transformasi Mustahik menjadi Muzakki berbasis Gerobak Bakso Halal (GBH) menghadirkan juga pemateri ketua BAZNAS Kota Baubau.

Baca Juga:  PT UBP Pengusaha Kadin Konawe Raih Transaksi 50 Miliar dalam Misi Dagang dan Investasi Jatim-Sultra

Acara penandatangan kerja sama tersebut diwali dengan launcing GBH dan launcing zakat uang di lingkungan Kemenag Baubau yang disaksikan secara langsung melalui video.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!